Kepala Desa Citorek Tengah sedang melakukan penyemprotan disinfektan.
(Foto: Sukmadi JR)

Bantenhejo.com – Menyikapi penyebaran virus corona (Covid-19), pemerintah Desa Citorek Tengah Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak, Banten, membentuk satgas khusus penanganan penyebaran virus corona dengan melibatkan semua unsur baik aparat desa, masyarakat dan tim kesehatan dari Puskesmas Citorek.

Kepala Desa Citorek Tengah menegaskan bahwa virus corona telah menjadi permasalahan bersama. “Kita harus melawan bersama, masyarakat harus disiplin mengikuti anjuran pemerintah jangan sampai kita menyesal setelah jatuh korban. Selain itu kepada warga yang datang setelah bepergian dari daerah yang sudah terpapar atau dari luar negri dimohon kesadarannya untuk melapor kepada tim kami di desa,” ujarnya.

Gugus tugas penanggulangan pencegahan penyebaran virus corona.
(Foto: Sukmadi JR)

Hari ini dilakukan penyemprotan disinfektan, kegiatan tersebut dilakukan di fasilitas publik seperti kantor desa, gedung sekolah, mesjid dan tempat- tempat keramaian. Kegiatan ini dilakukan secara swadaya.

“Kita tidak mau nunggu ada bantuan pemerintah terkait penyemprotan disinfektan ini, untuk saat ini kami melakukannya secara swadaya. Ke depan mudah-mudahan bisa dianggarkan, nunggu intruksi dari pemerintah daerah ” kata Herma Firmansyah, Sekretaris Desa Citorek Tengah yang tergabung dalam gugus tugas penanggulangan Covid-19 Desa Citorek Tengah.

Saat ini pandemik virus corona telah menjadi masalah dunia, semua negara begerak melawan virus corona ini bersama-sama. Di Indonesia sendiri akibat dari virus ini cukup membuat masyarakat merasa khawatir. Menyikapi hal tersebut Pemdes Citorek tengah menghimbau masyarakatnya untuk tetap tenang dan tidak perlu panik serta tetap disiplin mengikuti himbauan pemerintah dengan cara mengurangi aktivitas di luar rumah dan berkumpul dengan banyak orang. 

Musyawarah pembentukan gugus tugas penanggulangan penyebaran virus corona.
(Foto: Sukmadi JR)

Sementara H. Abdulah, Kepala Puskesmas Citorek menyambut baik inisiatif dari Kepala Desa Citorek Tengah yang telah membentuk gugus tugas penanggulangan penyebaran virus corona (Covid-19) dengan mengirimkan petugas kesehatan untuk ikut terlibat di dalam tim yang dibentuk oleh pemerintah desa Citorek Tengah.

Kegiatan penyemprotan disinfektan juga diikuti oleh pendamping lokal desa, Umar Hidayat. Dia berharap Desa Citorek Tengah bisa terhindar dari pandemik corona yang saat ini telah meyebar ke seluruh dunia.