jalan desa mekarsari yang rusak parah
Kondisi jalan yang sudah sangat rusak di Desa Mekarsari
(Foto: Mukhlas)

Jalan yang baik menjadi salah satu faktor pendukung kesejahteraan, kesehatan dan pendidikan masyarakat. Dengan jalan yang baik, masyarakat bisa beraktivitas dengan lancar, terutama dalam sektor perekonomian. Namun nampaknya di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, masih terdapat jalan-jalan yang butuh perhatian. Terutama jalan-jalan lingkungan yang berada di sejumlah desa yang kondisinya rusak parah.

Seperti jalan rusak yang dikeluhkan oleh warga dan pengendara yang kerap melewati jalan tersebut. Tepatnya di Jalan Desa Mekarsari, Kecamatan Bojong yang tidak pernah tersentuh perbaikan selama puluhan tahun. Kondisi jalan berlubang dan tergenang air hingga kedalaman 20-40 cm. Juga jembatan penghubung dari kampung Saluyu menuju dengan kampung-kampung tetangga kondisinya sudah sangat menghawatirkan.

salah satu jembatan di jalan desa mekarsari
Kondisi Jembatan yang juga mengkhawatirkan
(Foto: Mukhlas)

Jalan Desa Mekarsari di Kabupaten Pandeglang mengalami kerusakan yang parah selama kurang lebih 20 tahun. Selama itu pula tidak pernah tersentuh pembangunan. Berdasarkan konfirmasi yang diberikan oleh Kepala Desa Mekarsari, Iswandi, menyebutkan “Kami sudah sering mengajukan pembangunan jalan desa tetapi kenapa tidak kunjung di bangun karena PAD Desa Mekarsari yang kecil.”

“Kami sudah mengajukan usulan untuk dilakukan perbaikan jalan, tetapi jalan Desa Mekarsari tidak menjadi prioritas,” tambah Iswandi.

Walaupun PAD Desa kecil tetapi ada hal yang harus diperhatikan yaitu terkait akses kesehatan, pendidikan dan jalan yang menjadi satu-satunya akses untuk mengangkut padi sekitar 300 ton setiap masa panen tiba. Ketika akses jalan sudah lancar, roda ekonomi pun lancar yang secara otomatis bisa meningkatkan PAD Desa.

Kami berharap jalan ini secepatnya diperbaiki karena jalan desa bisa menjadi urat nadi perekonomian, kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat di Desa Mekarsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pandeglang.

Berikut saya tautkan juga video kondisi jalan rusak tersebut. Semoga segera mendapat perhatian.