Workshop Aplikasi ELearningQu Al-Qudwah
(Foto: Topan Aribowo Soesanto)

Menjawab visi dan misi pendidikan di zaman yang penuh dengan segala delik permasalahannya. Pendidikan yang mampu menjawab perkembangan zaman. Dengan segala motivasi dan inovasinya. Pengembangan inovasi guru harus mampu menjawab segala permasalahan yang terjadi sekarang ini. Pendidikan di masa Pandemi. Banyak memberikan kita pelajaran dengan segala ibroh di dalamnya. Inovasi adalah pengembangan dari kemajuan perangkat sebelumnya. Kemampuan dengan tuntutan zamannya.

Pendidikan karakter mengantarkan anak pada misi yang sebenarnya. Menjadi khilafah manusia yang unggul. Bukan sebaliknya, memaksakan sistem pembelajaran yang jauh kemampuan dasar fitrah anak didik kita tanpa adanya inovasi baik secara materi maupun media pembelajaran. Pendidikan harus mampu memotret anak dengan potensinya masing-masing. Unggul secara religius, unggul secara Ibadah. Anak didik mampu melakukan segala bentuk kebaikan kebermanfaatan untuk semua manusia. Pembentukan karakter anak didik mampu menjadikan anak yang tangguh menghadapi segala medan kehidupan. Sesuai dengan visi besar Al-Qudwah, terwujudnya lembaga pendidikan rujukan di Indonesia dalam penguatan karakter dan inovasi pendidikan yang terus menerus.

Dibuka langsung oleh KH A’la Rotbi Lc, (10/6/2020) bertempat di aula SMA Terpadu Al-Qudwah, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Lebak, Workshop ELearningQu dilaksanakan. Kegiatan ini menindaklanjuti sistem pembelajaran dan sekaligus untuk menjawab kegelisahan orang tua di masa pandemik. Kerja keras para guru selama ini sungguh patut diapresiasi. Di tengah pembatasan sosial akibat wabah Covid-19, kita harus tetap semangat mengejar dan mengajar ilmu pengetahuan. Hampir tidak ada yang menyangka, wajah pendidikan akan berubah drastis akibat pandemi Covid-19.

Tetap dengan protokol kesehatan semua peserta yang terdiri dari staf Tata Usaha, operator sekolah, dan guru GA selain sebagai sosialisasi sekaligus penerapan teknis ELearningQu yang akan diterapkan sebagai media pembelajaran versi mobile phone dan bisa diakses oleh semua civitas Al-Qudwah.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi rujukan IT pendidikan di Al-Qudwah dan bisa menjadi energi dan semangat baru dan aplikasi ElearningQu menjadi alternatif solusi untuk kita semua,” sahut Mulyawan sebagai kepala bidang teknis dan pengembangan IT Al-Qudwah.