MASATA Lebak Roadshow
DPC Masata Kabupaten Lebak
(Foto: Kang Manik/ MASATA)

sebuah catatan kecil

DPC MASATA (Masyarakat Sadar Wisata) Kabupaten Lebak melakukan gebrakan awal dengan melakukan roadshow ke destinasi wisata yang ada di Wewengkon Citorek. Tujuan pertama yaitu Gunung Luhur dan dilanjutkan ke situs Lebak Cibedug dengan agenda silaturahmi bersama pengelola destinasi wisata serta melakukan sosialisasi Perbup No. 28 Tahun 2020 tentang penerapan protokol kesehatan.

Gunung Luhur dipilih karena merupakan destinasi wisata di Wewengkon Citorek yang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Untuk itu sangat diperlukan pemantauan penerapan Perbup tersebut, karena tak jarang wisatawan yang datang tidak mengikuti protokol kesehatan seperti minimnya kesadaran pengunaan masker saat berkunjung. Dalam kesempatan roadshow yang dilaksanakan pada tanggal 2-3 september 2020, DPC MASATA Kabupaten Lebak melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan dengan melakukan 3S, yaitu; Selalu menggunakan masker saat berwisata, Selalu cuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas, serta Selalu jaga jarak.

Memberikan Sosialisasi Protokol Kesehatan
(Foto: Dok. MASATA Lebak)

Selain kesadaran wisatawan, diperlukan juga kesiapan para pengelola destinasi dalam menyediakan fasilitas yang mendukung penerapan protokol kesehatan seperti menyediakan tempat cuci tangan serta memberikan himbauan-himbauan kepada wisatawan untuk selalu mengunakan masker dan menjaga jaga jarak. Di Gunung Luhur sendiri sudah disiapkan fasilitas untuk mencuci tangan di beberapa titik. Pada saat roadshow, DPC MASATA Lebak juga membagikan masker kepada para pengunjung Gunung Luhur yang tidak menggunakan masker dengan terlebih dahulu diberikan penjelasan mengenai Perbup No. 28 Tahun 2020.

Dengan adanya gerakan dari MASATA diharapakan akan berdampak baik dalam penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi saat ini. Kesadaran masyarakat di sekitar area wisata juga harus terus ditingkatkan dengan selalu mengingatkan masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan, karena merekalah yang langsung berinteraksi dengan wisatawan. Kita semua jangan sampai lengah di saat seperti ini, harus selalu siaga. Perlu adanya kesadaran kolektif dalam melawan Covid-19. Peran serta masyarakat sangat penting mengingat masyarakatlah yang menjadi ujung tombak dalam melawan penyebaran Covid-19.

Pergerakan MASATA dengan melakukan sosialisasi Perbup No. 28 Tahun 2020 merupakan contoh kesadaran kolektif dari setiap elemen masyarakat yang perlu dicontoh. Gerakan-gerakan tersebut harus mengakar rumput agar semua lapisan masyarakat menyadari pentingnya penerapan protokol kesehatan yang nantinya menjadi sebuah gerakan kesadaran yang besar dalam melawan penyebaran Covid -19.

Sosialisasi Protokol Kesehatan di Lebak Cibedug
(Foto: Kang Manik/MASATA)

Selain ke Gunung Luhur, DPC MASATA Lebak juga melanjutkan sosialisasi ke situs Lebak Cibedug di Kampung Cibedug, Desa Citorek Barat. Dengan medan jalan yang sangat luar bisa, melewati jalan berbatu dengan jalur track berbukit menjadi tantangan tersendiri bagi peserta roadshow. Selain bisa melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat dan wisatawan, peserta roadshow juga bisa mengenal jejak sejarah peninggalan zaman megalitikum yang sangat megah berupa punden berundak.

Terima kasih MASATA, semoga jejak ini bisa menjadi goresan positif yang akan menyadarkan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Terima kasih Ketua DPC MASATA Lebak, Kang Manik dan para peserta roadshow. Semoga kita selalu diberi kesehatan dan kemudahan dalam beraktivitas.