Foto Bersama Pengurus DPC MASATA Lebak Masa Bakti 2020-2025
(Foto: Dok. DPC MASATA Lebak)

Dunia pariwisata merupakan sektor yang sangat membantu perekonomian bangsa, akan tetapi akhir-akhir ini akibat pandemik Covid-19 yang melanda dunia sektor pariwisata seolah lumpuh. Banyak pelaku pariwisata terdampak akibat pandemik. Sektor pariwisata harus kembali bergerak tumbuh dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan supaya perekonomian bisa kembali berjalan.

Masyarakat Sadar Wisata atau MASATA hadir menjadi solusi untuk mengerakan kembali sektor pariwisata. Menjadi bagian dari kegiatan kepariwisataan DPP MASATA melantik DPD dan DPC yang ada di daerah se-Indonesia, termasuk di Kabupaten Lebak.

DPC MASATA Lebak kini telah resmi menjadi bagian dari kepariwisataan di Kabupaten Lebak setelah mengikuti acara pelantikan DPD/DPC MASATA se-Indonesia untuk masa bakti 2020-2025 oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) MASATA. Pelantikan tersebut dilakukan secara online (daring) via Zoom Meeting, pada hari Sabtu (3/10/2020).

Ketua DPC MASATA Lebak Manik Premanik Nurman, S.IP, setelah resmi dilantik, bersama seluruh jajaran pengurus siap menjadi bagian dari kepariwisataan di Kabupaten Lebak.

“Saya bersyukur bahwa hari ini saya dan teman-teman pengurus MASATA Lebak resmi di Lantik DPP MASATA. Secepat mungkin selanjutnya akan mengadakan musyawarah di tingkat DPC untuk menyiapkan agenda dan langkah kedepannya untuk menyukseskan program pemerintah dalam sektor pariwisata” ungkap Manik Premanik Nurman saat di hubungi via whatsapp.

MASATA Sendiri merupakan sebuah organisasi non-profit dengan visi Menjadi organisasi pelaku, pemerhati dan pencinta pariwisata Indonesia yang berkompeten dalam mendukung pariwisata berkelanjutan di Indonesia. Serta memiliki misi (1) Memberikan kontribusi nyata untuk mendukung sektor pariwisata menjadi penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia; (2) Memajukan pariwisata berbasis masyarakat dalam meningkatkan harkat, martabat, dan ekonomi khususnya daerah tujuan wisata di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota; (3) Membangun desa, kawasan, dan destinasi wisata dalam peningkatan ekonomi kreatif masyarakat; (4) Sebagai narahubung dalam kepentingan kementerian dan lembaga antar pusat dan daerah khususnya dalam bidang pariwisata serta ekonomi kreatif, dan; (5) Membangun sinergitas dan kolaborasi antar asosiasi/ organisasi/ perkumpulan pariwisata di tingkat pusat dan daerah.

Ketua Umum DPP MASATA Panca R. Sarungu mengajak seluruh pengurus MASATA, baik di tingkat DPD maupun DPC untuk membangun pariwisata di daerah masing-masing, salah satunya adalah membangun Desa Wisata. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonimi Kreatif, Wisnu Bawa Tarunajaya memberikan apresiasi dan dukungannya kepada seluruh pengurus dari DPP, DPD, dan DPC MASATA se-Indonesia.

Struktur Organisasi MASATA Lebak 2020-2025
(Gambar: Dok. DPC MASATA Lebak)

Berikut adalah susunan DPC MASATA Lebak masa bakti 2020-2025:
Pembina dan Pendukung Organisasi: Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak;
Ketua: Manik Premanik Nurman;
Wakil Ketua: Budi Harsoni;
Sekretaris: Putuh Komarullah, Andika Rahman;
Bendahara: Amelia, Agus Solihin;
Bidang Penelitian dan Pengembangan: Ukan Ujang Supandi, Sukmadi Jaya Rukmana;
Bidang Penguatan Hukum dan HAM: Teguh, SH, Hellyndani, S.Pd;
Bidang Informasi dan Hubungan Masyarakat: Desi Rahmawati, Lutfi Sofyandiana;
Bidang Usaha dan Dana: Winda Tri M, S.Kom, Deden, Wawan;
Bidang Pemberdayaan Komunitas Pariwisata dan UMKM: Deti Widiyati, S.Pd, Ridho Rahmatullah;
Bidang Pelestarian Budaya dan Pariwisata Berkelanjutan: Eris Salman, Eros Masruroh, S.IP;
Bidang Kebersihan, Kesehatan dan Keselamatan: Robby Hairul, Agi.

Semoga dengan dilantiknya DPC MASATA Lebak sektor pariwisata di Kabupaten Lebak bisa lebih maju, dan visi “Lebak Sebagai Destinasi Wisata Unggulan Nasional Berbasis Potensi Lokal” dapat terwujud. Dan tentunya dengan majunya pariwisata akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat Kabupaten Lebak.

Pesan khusus: Ayo ikuti dan patuhi protokol kesehatan demi kebaikan bersama, salam sehat, salam semangat.