Komunitas

PAFI Lombok Timur; Wadah Profesi Kefarmasian di Pulau Seribu Masjid

Logo Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI).

Bantenhejo.com – Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) awalnya merupakan kumpulan komunitas asisten apoteker dari seluruh daerah di nusantara. Kini, PAFI telah berkembang sebagai organisasi profesi farmasi berbasis Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) seperti Sarjana Farmasi, Ahli Madya Farmasi dan Analis Farmasi serta Asisten Tenaga Kefarmasian (ATK) lulusan SMK Farmasi. Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 2009 Tentang Pekerjaan Kefarmasian dan Undang-Undang No 36 Tahun 2014.

Pertama kali didirikan pada 13 Februari 1946 di Yogyakarta sebagai wadah bagi profesi ahli farmasi di Indonesia, PAFI kini telah hadir hingga ke perwakilan di tiap Kabupaten/Kota. Termasuk PAFI Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat yang berfungsi sebagai wadah para tenaga farmasi di timur pulau Lombok.

Kehadiran PAFI di Lombok Timur dinilai berperan penting dalam peningkatan profesionalisme tenaga kefarmasian yang menjadi penopang di bidang kesehatan masyarakat. PAFI Kabupaten Lombok Timur yang mengkhususkan diri di bidang keilmuan farmasi dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu kefarmasian terkini sesuai dengan regulasi dan standar yang berlaku.

Hal tersebut agar senantiasa menjadikan profesi tenaga farmasi turut serta mempertinggi taraf kesejahteraan umum, khususnya di bidang Kesehatan Masyarakat dan Kefarmasian. Sehingga PAFI dapat berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat lewat tenaga ahli farmasi yang profesional dan kompeten.

Beberapa peran yang diemban PAFI dalam memajukan profesi TTK dan ATK di Kabupaten Lombok Timur diantaranya; Mewakili dan memperjuangkan hak-hak TTK dan ATK, meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan, juga mengembangkan standar kompetensi dan kode etik. Selain itu PAFI juga memfasilitasi komunikasi dan kerjasama antar TTK dan ATK serta melakukan advokasi dan edukasi kepada masyarakat terkait peran tenaga kefarmasian.

Keanggotaan PAFI

Keanggotaan PAFI sendiri terbuka bagi semua TTK dan ATK di Indonesia. Secara hierarki, keanggotaan PAFI terbagi atas anggota biasa, anggota muda, anggota luar biasa dan anggota kehormatan. PAFI Kabupaten Lombok Timur membuka seluasnya keanggotaan bagi para tenaga kefarmasian yang telah membaktikan profesinya bagi kepentingan kesehatan masyarakat.

Untuk mencapai tujuan organisasi, PAFI rutin menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti seminar, diskusi dan workshop, pelatihan dan pengembangan profesi, advokasi dan edukasi/penyuluhan kepada publik, hingga melakukan kerjasama dengan organisasi profesi lainnya atau kerjasama dengan pemangku kebijakan terkait.

Untuk informasi lebih lengkap terkait informasi, kegiatan hingga keanggotaan PAFI Kabupaten Lombok Timur, dapat mengunjungi website resmi PAFI Kabupaten Lombok Timur di alamat pafikablomboktimur.org.

(*)


Bantenhejo.com adalah media jurnalisme warga dan berbasis komunitas. Isi tulisan dan gambar/foto sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Untuk sanggahan silahkan kirim email ke bantenhejo[at]gmail.com.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.